Kamis, 27 Oktober 2011

Cara Mengaktifkan Akun Facebook yang Dikunci Sementara

Akhir-akhir ini banyak sekali pengguna facebook mengalami masalah akun terkunci atau ditangguhkan, penyebab terjadinya akun terkunci karena faktor ketidaksengajaan mengunci akun dengan alasan keamanan atau oleh tim facebook sendiri karena pelanggaran. Dikunci atau ditangguhkannya akun ini sama dengan dinonaktifkan cuma bersifat sementara saja dan masih bisa dilihat atau di akses oleh teman-teman anda.
Sebenarnya untuk mengembalikan atau mengaktifkan akun yang terkunci atau ditangguhkan tidak begitu sulit, kita tinggal mengikuti langkah-langkah pada facebook tersebut lalu yang terakhir anda harus mengisi data pemilik dengan melampirkan scan identitas pengguna (KTP atau SIM). Dan perlu anda ketahui, dengan melampirkan identitas merupakan penentu penyelesaian masalah yang anda alami dan apabila data akun facebook tidak sama dengan dengan identitas (seperti nama lengkap, foto, tanggal lahir dan alamat) ada kemungkinan laporan tertunda dalam jangka waktu yang cukup lama bahkan tidak akan ditanggapi sama sekali.
Disini saya akan sedikit memberikan tips cara mengatasi masalah akun yang dikunci atau ditangguhkan melalui facebook tersebut:

  • Login dengan akun yang terkunci tersebut lalu ikuti langkah-langkah di facebook tersebut hingga tampil pesan “Akun Anda Dikunci Sementara“, lalu klik hubungi tim Operasi Pengguna Kami
  • Di halaman berikutnya anda isi Nama pada akun, Email akun serta melampirkan kartu Identitas (KTP atau SIM) yang sudah di scan (lihat keterangan di kotak merah).
PERHATIAN..!
  1. Kartu identitas (KTP/SIM/Pasport) yang diterima adalah hasil scan (Scanner) dan bukan hasil foto camera ponsel.
  2. Jangan sekali-kali anda berusaha mengelabui Tim FB dengan cara meminjam identitas orang lain kemudian anda megedit dan merubah data dan foto identitas. Tim FB akan lebih tahu identitas mana hasil editan dan asli (bukan editan).
  3. Pastikan foto terlihat jelas dan tulisan di identitas hasil scan terbaca.  
  4. Jika identitas hasil foto camera ponsel atau anda berusaha mengelabui tim FB, laporan tidak akan ditanggapi dan akun anda tidak akan bisa digunakan lagi untuk selamanya.

  • Kirim dan silahkan cek email anda karena tim FB akan mengirim email untuk memberikan petunjuk berikutnya kepada anda
  • Jika anda belum paham dengan isi pesan tersebut, silahkan untuk di translate dulu di http://translate.google.co.id/ dan pahamilah
contoh screenshot pesan dari facebook
  • Balas email tersebut dengan menjelaskan masalah akun yang anda alami, akan lebih baik lagi dengan menyertakan data profil akun (silahkan minta teman anda untuk melihat info profil anda itu), kemudian yang paling penting melampirkan kartu identitas yang sudah di scan (attach file).
contoh balasan ke tim facebook
  • Setelah membalas email dari facebook, anda tunggu 4 – 10 hari untuk proses pengaktifan dan disarankan anda jangan membuat laporan lagi, mencoba untuk login dan mereset password selama proses itu
  • Cek email anda setiap hari karena anda akan mendapatkan password baru dari tim Facebook, apabila anda mendapat email seperti gambar dibawah ini berarti akun anda telah aktif kembali

  • Login dengan menggunakan password baru tersebut dan ubahlah
NB: Setelah akun aktif kembali, anda jangan tergesa-gesa untuk melakukan perubahan data akun (kecuali password), menerima dan menambahkan teman. Yang perlu anda lakukan adalah mengatur privasi akun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar